7 Cara mudah Mengatasi Rasa Takut Berbicara depan umum 2020

kariridaman.com - Tentu pastinya Anda pernah berbicara didepan umum, misalnya seperti dalam acara rapat atau kegiatan terkhusus perusahaan, berdampak positif pada karyawan misalnya seperi dikenal dengan teman kerja dari divisi lain ataupun menyampaikan suatu usulan konstruktif. Namun tetapi terbilang tidak semua karyawan memahami suatu dampak positif tersebut. Bagi mereka aktivitas berbicara didepan umum ini merupakan suatu hal yang cukup menakutkan.

Maka sudah tidak mengherankan, jika mereka lebih memilih diam dalam sebuah acara rapat ataupun kegiatan sejenisnya. Jika Anda termasuk salah satu dari mereka dan ingin keluar dari suatu kondisi tersebut, tenang saja dan jangan khawatir. Dikarenakan dibawah ini pembahasan mengenai 7 cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi suatu rasa takut berbicara didepan umum, apa saja itu mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Cara mudah Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum

Cara mudah Mengatasi Rasa Takut Berbicara di depan umum
Cara mengatasi Rasa takut Berbicara di Depan umum

1. Melawan rasa malu

Malu ini merupakan sebuah alasan terbesar yang terbilang bisa membuat Anda takut berbicara didepan orang banyak. Maka dari itu, mari atasi atau lawan rasa malu tersebut dengan cara menganggap semua orang derajatnya sama. Tidak peduli sebuah jabatan seseorang yang ada didepan Anda, coba bicaralah sesuai dengan konteks dan hal-hal yang mungkin ingin Anda sampaikan. Perlu di ingat juga bahwa hadirin yang ada didepan Anda adalah manusia juga. Mereka makan nasi, minum air, dan lain sebagainya.

Anggap saja serupa seperti yang Anda lakukan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, mengapa harus malu berbicara kepada mereka. Sebuah triks lain untuk cara untuk mengatasi rasa malu ini ialah dengan menganggap hadirin merupakan teman-teman terdekat Anda. Maka dengan demikian Anda akan merasa santai ketika berbicara didepan mereka. Meskipun satu kali pun Anda salah dalam berbicara, itu hal yang biasa karena mereka ialah teman-teman dekat Anda yang akan memaklumi dan menganggap bahwasannya Anda sedang belajar berbicara didepan umum.

2. Mengajukan pertanyaan

Jika posisi Anda sebagai peserta rapat, maka dengan mengajukan sebuah pertanyaan mengenai hal-hal yang mungkin tidak Anda mengerti. Tenang saja, dan jangan takut dianggap bodoh dikarenakan sebuah pertanyaan-pertanyaan tersebut. Pada intinya Anda terbilang berani berbicara didepan umum. Jika di acara rapat-rapat selanjutnya maka Anda sudah membiasakan diri untuk bertanya, dengan demikian tentunya Anda akan terbiasa pula berbicara dihadapan kebanyakan orang.

Pada kondisi ini, maka Anda terbilang akan menyadari bahwasannya aktivitas berbicara didepan umum itu tidak serumit yang dibayangkan.

3. Terapkan persiapkan sebaik mungkin

Jika Anda terbilang harus menjadi sebuah pembicara atau yang melakukan presentasi, maka terapkan persiapan sebaik mungkin. Hal ini menyangkut seperti materi presentasi, peralatan pendukung yang dibutuhkan, dan penampilan Anda. Setelah itu teruslah untuk berlatihlah sehari sebelum melakukan presentasi.

Dengan melakukan persiapan sebaik mungkin, maka Anda akan semakin menguasai suatu materi dan dapat memprediksi suasana yang akan terjadi. Selain itu persiapan ini juga akan memberikan suatu getaran positif sehingga perasaan Anda akan menjadi positif juga. Bayangkan saja jika Anda tidak mempersiapkannya dengan terlebih dahulu. Maka nantinya Anda mungkin akan kewalahan dan pontang panting ketika mempresentasikannya.

4. Berbicara sesuai gaya Anda sendiri

Silahkan berbicara sesuai gaya Anda sendiri. Tentunya jangan meniru gaya berbicara orang lain dikarenakan Anda akan menjadi orang lain, dan bukan diri Anda yang sebenarnya. Atau dengan kata lain, berbicara dengan secara santai, sopan dan menarik sesuai diri Anda sehingga suasana akan menjadi kondusif dan impresif.

5. Melakukan kontak mata

Ketika sedang berbicara didepan umum, maka baik mulai dari sebagai pembicara ataupun hadirin yang bertanya, perlu melakukan kontak mata dengan yang Anda ajak bicara. Jangan hanya melihat kebawah atau kelangit-langit saja dikarenakan hal tersebut akan menandakan Anda tidak percaya diri. Karena dengan menerapkan kontak mata, maka Anda akan berkomunikasi dengan secara nyaman. Bahkan selain itu, fungsi dari kontak mata ini bisa diartikan sebagai mencerminkan bahwa Anda menghargai seseorang yang sedang diajak berbicara.

6. Latihan berbicara didepan sedikit orang

Sebuah cara lain yang dapat Anda gunakan ialah dengan melatih diri untuk berbicara didepan sedikit orang. Karena hal ini bisa berupa sebuah pertemuan dengan teman, rapat keluarga ataupun rapat lingkungan warga tempat tinggal Anda. Aktivitas latihan ini tentunya akan menempa mental dan percaya diri Anda sehingga tidak merasa canggung lagi ketika berbicara didepan orang banyak.

7. Berdoa

Dengan berdoa sebelum berbicara didepan umum tentu pastinya hal ini akan cukup membantu untuk menenangkan sebuah perasaan Anda. Selain itu dengan berdoa juga akan memberikan suatu getaran positif sehingga dengan secara tidak sadar maka Anda akan berani untuk berbicara didepan umum. Jika Anda tidak percaya, maka silahkan saja Anda coba lakukan pada acara rapat selanjutnya.

Aktivitas berbicara didepan umum ini tentu pastinya membutuhkan suatu persiapan, latihan, teknik dan lainnya. Dengan menerapkan sebuah cara-cara yang ada diatas, maka Anda akan memperoleh ketiga faktor tersebut. Teruslah untuk menerapkannya sehingga akan menjadi suatu kebiasaan yang akan dapat mengubah Anda dari seorang karyawan yang terbilang takut akan menjadi ketagihan untuk berbicara didepan umum.

Demikianlah sebuah informasi yang dapat diberitahukan mengenai tentang 7 Cara mudah Mengatasi Rasa Takut Berbicara depan umum 2020 yang harus Anda ketahui. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya dan terimakasih.

Komentar